Ads Top

Trump Membahas Iran dalam Panggilan Telepon dengan Pemimpin Saudi dan UEA

Trump Membahas Iran dalam Panggilan Telepon dengan Pemimpin Saudi dan UEA
Sujanews.com —Presiden AS Donald Trump membahas “aktivitas destabilisasi” Iran dan masalah keamanan dan ekonomi lainnya dalam panggilan telepon terpisah dengan pemimpin senior Saudi dan Emirati pada hari Selasa, hal itu diampaikan oleh Gedung Putih.

Dilansir dari Middle East Monitor, dalam panggilan dengan Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Pangeran Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan dari Uni Emirat Arab, Trump mengucapkan terima kasih atas sorotan bahwa negara-negara Teluk Arab “dapat secara lebih baik melawan aktivitas destabilisasi Iran dan mengalahkan ‘teroris’ dan ekstremis,” kata Gedung Putih.

Arab Saudi dan UEA, bersama dengan Bahrain dan Mesir, memotong hubungan perjalanan dan perdagangan dengan Qatar pada bulan Juni, menuduhnya mendukung terorisme dan saingan berat mereka Iran. Amerika Serikat sedang berusaha menyelesaikan perselisihan tersebut.

Baca: Kedubes: Saudi Dukung Donald Trump Hadapi Iran
Qatar membantah tuduhan tersebut dan mengatakan keempat negara Arab tersebut bertujuan untuk membatasi kedaulatannya.

Baca: Keputusan Trump Jadi Momentum Pembebasan Palestina
Dua pangeran mahkota tersebut, serta Emir dari Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, berencana mengunjungi Trump untuk pertemuan bilateral pada bulan Maret dan April, seorang pejabat senior AS mengatakan pada hari Jumat.

Agenda untuk pertemuan tersebut akan mencakup pertemuan puncak Dewan Kerjasama Teluk enam anggota, kata pejabat tersebut, yang Washington harapkan akan diadakan akhir tahun ini, serta perdamaian Timur Tengah dan Iran.

Trump juga membahas peningkatan kemitraan bilateral mengenai masalah keamanan dan ekonomi dengan pangeran mahkota Saudi dan Abu Dhabi, kata Gedung Putih.     [Sujanews.com]





Sumber:


FOLLOW

    


loading...



No comments:

Powered by Blogger.