Hati-Hati, Jangan-Jangan IMF Datang Untuk Siapkan Capres 2019

Hati-Hati, Jangan-Jangan IMF Datang Untuk Siapkan Capres 2019
Sujanews.com —Ekonom senior Rizal Ramli mengingatkan agar pemerintah berhati-hati dengan nasehat dan puji-pujian IMF.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini membeberkan kembali skenario IMF di masa lalu, sehingga berhasil menjerat Pemerintahan Presiden Soeharto.

‏”Mimpi buruk dengar nasehat IMF. Inget pujian-pujian IMF 1996/1997, sebelum topan krisis 1997/1998 .. sing eling,” tulis Rizal Ramli di akun Twitter @RamliRizal meretwet tulisan bertajuk “Mimpi Buruk Saat Indonesia Ikuti Saran IMF”.

Di era Orba, kata Rizal, Mensesneg Moerdiono mengakui kesalahan paling besar sepanjang karirnya. Yakni, membantu membujuk Presiden Soeharto untuk tandatangani LOI IMF.

“Almarhum Moerdiono,, Sekneg Pak Harto,, mengakui kesalahan paling besar sepanjang karirnya,, adalah membantu membujuk Presiden Soeharto untuk tandatangani LOI IMF, yang sengaja dirancang untuk gagal karena ada 140 prasyarat (condionalities) yang tidak masuk akal ..,” beber @RamliRizal.

Adakah skenario lain IMF di Indonesia selain jeratan utang? Politisi senior Ahmad Yani di akun @Ayaniulva menulis: “Hati-hati jangan-jangan IMF menyiapkan calon untuk Pilpres.”

Sejak awal, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengecam “kedekatan” Pemerintahan Joko Widodo dengan IMF dan Bank Dunia.

Di akun @fadlizon, belakangan Waketum Partai Gerindra itu menulis: “Pemerintahan @jokowi jadi ‘event organizer’ Pertemuan World Bank – IMF. Sebagai EO bukan dibayar tapi keluar uang hampir Rp. 1 Trilyun. Terus apa hebatnya?”.

Menanggapi polemik di publik, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan kedatangan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde ke Indonesia bukan untuk menawarkan utang baru ke Pemerintah.

Kedatangan Lagarde dalam rangka menghadiri beberapa agenda penting. Salah satunya, agenda konferensi tingkat tinggi dalam acara seminar Voyage to Indonesia di Hotel Fairmont, Jakarta.

Sri Mulyani menjelaskan, kedatangan Lagarde ini juga sekaligus meninjau langsung persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Pertemuan Tahunan IMF – Bank Dunia pada Oktober 2018. [Sujanews.com]





Sumber:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel