Ads Top

AS Dukung Spanyol Ambil Alih Catalonia, NATO dan Uni Eropa Pasif

AS Dukung Spanyol Ambil Alih Catalonia, NATO dan Uni Eropa Pasif

Sujanews.com —    Deklarasi kemerdekaan Catalonia pada hari Jumat (27/10/2017) lalu nampaknya akan menjadi sebuah perjuangan berat bagi wilayah otonomi kaya itu karena belum ada satupun negara maupun institusi di kawasan yang mengakuinya. Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Uni Eropa bahkan mengatakan bahwa langkah dan kebijakan yang diambil Spanyol baru-baru ini merupakan murni urusan dalam negeri.

NATO menganggap soal “Republik Catalan” sebagai isu domestik, sementara Uni Eropa menegaskan bahwa mereka hanya akan berurusan dengan pemerintah Spanyol dan tidak ada niat untuk mengubah kebijakan tersebut dalam rangka mengakomodir aspirasi Catalan.

Walaupun demikian, respon “pasif” tersebut masih dianggap lebih baik bagi Catalonia daripada sikap yang ditunjukkan oleh Departemen Luar Negeri AS. Pasca deklarasi kemerdekaan Republik Catalan, Deplu AS mengumumkan mereka sangat menentang kemerdekaan Katalan dan akan terus mendukung kebijakan Spanyol dalam rangka menjaga agar kerajaan mereka tetap “kuat dan bersatu”.

Sebagian besar negara-negara di Eropa khawatir apabila upaya pemisahan diri Catalonia ini berhasil akan memicu gerakan serupa di seluruh benua tersebut. Saat ini ada puluhan gerakan kemerdekaan serupa di seantero Eropa yang diperkirakan akan meningkat tajam apabila Catalonia mampu membuktikan bahwa “eksperimen” mereka berhasil.  [Sujanews.com]





Sumber:


FOLLOW

    


loading...



No comments:

Powered by Blogger.