Tiga Perguruan Tinggi Indonesia Masuk 500 Besar Dunia

Tiga Perguruan Tinggi Indonesia Masuk 500 Besar Dunia
Sujanews.com —   Tiga perguruan tinggi di Indonesia berhasil masuk ke dalam peringkat 500 universitas teratas dunia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR).

Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam peringkat dunia tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi pada 2016, tiga perguruan tinggi ini meraih lompatan yang luar biasa.

“Universitas Indonesia yang sebelumnya ranking 325, naik menjadi 227. Institut Teknologi Bandung yang sebelumnya 401 naik menjadi 301. Universitas Gadjah Mada dari 501 naik menjadi 440,” tutur Menristekdikti Mohamad Nasir sebagaimana keterangan pers Kemenristekdikti yang dikutip MINA, Sabtu.

QS World University adalah pemeringkatan universitas-universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds, perusahaan asal Inggris yang bergerak di bidang pendidikan.

Pemeringkatan ini adalah salah satu pemeringkatan yang paling banyak dijadikan rujukan, bersama dengan Academic Ranking of World Universities dan Times Higher Education World University Rankings.

QS juga merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kemenristekdikti untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Tahun ini, QS melakukan pengukuran kinerja dan pemeringkatan terhadap lebih dari 959 Perguruan Tinggi di 84 negara di dunia.

QS menggunakan enam indikator dalam melakukan pengukuran pemeringkatan yaitu Academic reputation (40%) yang mengukur unsur akademik secara menyeluruh dan Employer reputation (10%).

Menurut Menristekdikti, kenaikan peringkat dari tiga perguruan tinggi tersebut menunjukkan hasil kerja keras perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya menunjukkan hasilnya.

Ke depan Kemenristekdikti berupaya membuat pemeringkatan perguruan tinggi di Tanah Air agar ada gairah bersaing antar perguruan tinggi. Baik itu top 50 perguruan tinggi di Indonesia, top 100, dan sebagainya.

Menristekdikti berharap pada tahun ini, ada satu lagi universitas yang masuk ke dalam peringkat 500 dunia. Pemerintah menargetkan hingga 2019, ada lima universitas di Tanah Air yang masuk ke dalam ranking 500 dunia.

“Untuk itu perguruan tinggi harus menjaga kualitas. Begitu juga dengan dosen-dosen,” ungkap Mohamad Nasir.

Menurut data Kemenristekdikti terdapat 4.498 perguruan tinggi di Indonesia dengan 25.548 program studi. Jumlah perguruan tinggi Indonesia ini lebih banyak dibandingkan jumlah perguruan tinggi Tiongkok yakni sebanyak 2.825 perguruan tinggi, padahal Tiongkok memiliki jumlah penduduk lebih besar.

Menristekdikti berharap agar perguruan tinggi di Indonesia senantiasa meningkatkan kualitasnya, bukan hanya unggul dalam kuantitas, sehingga dapat bersaing di tingkat dunia.  [Sujanews.com]





Sumber:mina

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel