Ads Top

Komnas HAM: Isu Makar Baru Mencuat di Era Jokowi

Komnas HAM: Isu Makar Baru Mencuat di Era Jokowi

Sujanews.com —   Komisioner Komnas HAM, Manager Nasution, mengungkapkan bahwa isu tuduhan makar di Indonesia baru mencuat dua tahun terakhir, tepatnya di pemerintahan Jokowi. Era presiden sebelumnya tidak pernah muncul tuduhan makar.

“Saya nggak tau, tapi pada zaman Presiden SBY dulu belum ada seperti ini, baru tiba-tiba dua tahun belakangan ini kita melihat istilah-istilah makar, padahal secara generik saja sudah banyak problemnya, dan juga penerapannya,” ujar Manager Nasution, saat menerima Kuasa Hukum sejumlah tersangka Makar, di Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/4).

Karenanya, ia melihat reformasi Indonesia saat ini sedang mengalami problem, terutama pada kebebasan berkumpul dan berpendapat yang saat ini sedang terancam dengan adanya tuduhan makar seperti ini.

Manager menegaskan bahwa penahanan Al Khattath dan empat mahasiswa lainnya mendapat perhatian dari Komnas HAM. Bahkan, ia mengaku sudah menemui mahasiswa-mahasiswa itu.

“Saya sudah bertemu dengan mahasiswa itu, dan saya tau bahwa mereka menulis skripsi saja belum selesai, dan kemudian dituduh makar kan, ini kan aneh dan terasa tidak pas,” ungkapnya.

“Bahkan, mereka minta penangguhan penahanan kan untuk menyelesaikan Skripsi, lembaga ini akan menyikapinya,” pungkasnya.  [Sujanews.com]


FOLLOW

    


loading...



No comments:

Powered by Blogger.