Ads Top

Ustadz Bachtiar Nasir: KH Hasyim Muzadi Sosok Pemersatu

Bachtiar Nasir: KH Hasyim Muzadi Sosok Pemersatu

Sujanews.com —   Ketua GNPF MUI, KH Bachtiar Nasir, mengaku mendapat banyak sekali pesan dan nasihat dari sosok almarhum KH Hasyim Muzadi. Baik yang bersifat kebangsaan maupun keislaman.

“Dan termasuk pesan-pesan beliau terhadap saya perihal pasca (Aksi) 212. Tapi pesannya apa, itu tidak bisa dibuka,” ujar Bachtiar tersenyum usai menghadiri prosesi pemakaman almarhum di kompleks Pesantren Al-Hikam, Depok, Jawa Barat, Kamis sore (16/03/2017).

Pimpinan AQL Islamic Center ini menilai, Kiai Hasyim adalah sosok pemersatu umat. Yang secara pribadi, mantan Ketua Umum PBNU itu juga sosok yang luwes, lugas, dan bijak. Utamanya terhadap kelompok-kelompok Islam yang cukup variatif dengan segala friksinya.

“Beliau termasuk orang yang di mata saya bijaksana, dan pandai menempatkan posisi dengan prinsip-prinsip beliau yang sangat kuat di tengah tantangan yang ada, baik kebangsaan maupun keumatan,” ungkapnya.

Bachtiar mengaku merasa sangat kehilangan sosok penting tersebut. Baginya, anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang juga Pimpinan Ponpes Al-Hikam itu merupakan seorang mentor.

“Bukan sekadar panutan. Karena saya banyak berinteraksi dengan beliau baik secara pribadi maupun dalam formal rapat. Banyak hal yang saya pelajari dari beliau,” pungkasnya.  [Sujanews.com]


FOLLOW

    


loading...



No comments:

Powered by Blogger.