Profil KH Hasyim Muzadi

Profil KH Hasyim Muzadi

Sujanews.com —    Bangsa Indonesia berduka. Salah satu tokoh terbaik, KH Hasyim Muzadi, meninggal dunia Kamis (16/3/2017) ini.

Dikutip dari Wikipedia, KH Hasyim Muzadi adalah mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi. KH Hasyim Muzadi dilahirkan di Bangilan, Tuban, Jawa Timur,  8 Agustus 1944.

Jabatan terakhirnya adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden. KH Hasyim Muzadi juga pernah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam di Malang, Jawa Timur.

KH Hasyim Muzadi sempat mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (1956-1962).

Hasyim Muzadi muda menempuh jalur pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah di Tuban pada tahun 1950, dan menuntaskan pendidikannya tingginya di Institut Agama Islam Negeri Malang, Jawa Timur pada tahun 1969.

Suami dari Hj Muthamimah ini pernah menjadi anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur pada tahun 1986, yang ketika itu masih bernaung di bawah Partai Persatuan Pembangunan.

Pada tahun 1992, Hasyim Muzadi terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur. Selanjutnya, pada tahun 1999-2010, dia menjadi Ketua Umum PBNU.

Pada Pilpres 2004, Hasyim Muzadi menjadi Calon Wakil Presiden RI, mendampingi Megawati Soekarnoputri. Pasangan itu kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla di putaran kedua.   [Sujanews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel