4 Tips Meraih Rumah Tangga Sakinah

4 Tips Meraih Rumah Tangga Sakinah

Sujanews.com —  Rumah tangga sakinah adalah dambaan dari semua pasangan. Dalam bahasa Arab, kata sakinah memiliki arti tenang, aman, penuh kasih sayang, terhormat, dan memperoleh pembelaan. Alquran menjelaskan bahwa sakinah adalah tenteram.

Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepada-Nya dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (Q.S. Ar-Rum: 21)

Sudahkah anda meraih rumah tangga sakinah? Bagaimana agar rumah tangga dikategorikan sakinah? Rasulullah menjelaskan bahwa kriteria rumah tangga sakinah adalah rumah tangga yang merindukan ilmu akhirat, saling menghormati dan menyayangi, saling memahami, bersahaja, menyadari khilaf dan dosa, serta selalu rindu ampunan Allah.

Rasulullah pernah bersabda, “Apabila Allah menghendaki, rumah tangga yang bahagia itu akan diberikan kecenderungan senang mempelajari ilmu-ilmu agama, yang muda-muda menghormati yang tua-tua, harmonis dalam kehidupan, hemat dan hidup sederhana, menyadari cacat-cacat mereka, dan melakukan tobat.” (H.R. Dailami dari Abas r.a.)

Pastinya kita ingin memiliki kriteria yang Rasul sebutkan sebagai rumah tangga sakinah? Dengan sakinah, rumah tangga akan menjadi tenteram dalam berbagai keadaan. Saat susah ataupun senang, kala bahagia ataupun susah, ketika lapang ataupun sempit, akan selalu terasa indah karena Allah dan ilmu akhirat yang menjadi pedoman. Lalu, bagaimana agar dapat meraih rumah tangga sakinah?

Inilah, tips meraih rumah tangga sakinah berdasarkan sabda Rasul di atas.

1. Mempelajari Ilmu-Ilmu Agama

Dengan mempelajari ilmu-ilmu agama, kita akan memahami permasalahan rumah tangga dengan baik, sesuai dengan petunjuk Alquran dan contoh dari Rasul.

2. Menjunjung Sikap Sederhana

Hidup itu tak boleh sederhana karena hidup harus luas, besar, hebat, kuat, juga bermanfaat. Namun, sikap dalam menjalani kehidupan haruslah sederhana, yaitu penuh rasa syukur, ikhlas, dan tidak berlebihan dalam bertindak serta berucap.

3. Memahami Hak dan Kewajiban dalam Rumah Tangga

Alquran telah menjelaskan hak dan kewajiban suami dan istri. Jika kewajiban telah dijalani, insya Allah rumah tangga sakinah akan terpenuhi. Dengan saling memahami hak dan kewajiban dalam rumah tangga, Dengan begitu, rumah tangga terasa mudah, damai, dan tenteram.

4. Saling Menghormati dan Menghargai

Dengan saling menghormati dan saling menghargai, kehidupan rumah tangga menjadi nyaman. Nyaman untuk mengungkapkan apa pun pendapat dan nyaman dalam berdiskusi untuk memperoleh solusi dalam setiap permasalahan.

Mudah-mudahan keempat tips di atas dapat membantu untuk meraih rumah tangga sakinah. Sakinah di dunia dan akhirat, sakinah untuk selamanya menjalani kehidupan dengan petunjuk dan bantuan dari-Nya. Aamiin.  Sujanews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel