Dana Pajak Tak Cukup? Pemerintah Tergiur Dana Zakat Triliunan Rupiah untuk Atasi Kemiskinan

Dana Pajak Tak Cukup? Pemerintah Tergiur Dana Zakat Triliunan Rupiah untuk Atasi Kemiskinan

Sujanews.com — Potensi zakat nasional yang besar rupanya membuat pemerintah tergiur. Pemerintah melalui, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melirik uang zakat yang dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mengentaskan kemiskinan.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, potensi dana zakat itu cukup besar. Dimana, dana zakat yang dikumpulkan Baznas tahun lalu mencapai Rp 4 triliun.

"Kita ingin uang yang dikumpul di Baznas ini bisa dipakai untuk perkuat atau masuk ke dalam program-program pengentasan kemiskinan yang sudah dibuat oleh pemerintah,” kata Bambang seperti dikutip dari Jurnas.

Program-program badan pengumpul zakat seperti Baznas, kata Bambang, bisa diselaraskan atau disatukan dengan program pengurangan kemiskinan pemerintah.

Bambang berharap nantinya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang dipimpin oleh presiden dapat merekomendasikan sinergi program zakat dengan program penanggulangan kemiskinan pemerintah.

“Kita mulai 2017 nanti KNKS nya kan jalan. Nah di situ nanti akan disusun bagaimana caranya supaya zakat dengan program kemiskinan itu nyambung,” kata Bambang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel