Manfaat Membaca Al Quran dengan Bersuara

Manfaat Membaca Al Quran dengan Bersuara

SujaNEWS.com — Perintah membaca Al Quran itu turun dari Allah langsung sehingga tidak perlu diragukan kebenarannya. Namun yang namanya manusia, rasa penasaran akan manfaat di balik perintah senantiasa diteliti. Itu semua tak lain sebagai sarana untuk semakin menambah keimanan kita terhadap Allah. Dalam hal membaca Al Quran, beberapa ilmuwan muslim telah menelitinya. Salah satunya adalah dr. Al Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat.

Menurut penelitian yang diadakan oleh dr. Qadhi, membaca Al Quran memunyai banyak manfaat baik bagi yang paham bahasa Arab atau pun tidak. Manfaat ini terlihat dari adanya perubahan secara psikologis. Mereka yang butuh penyembuhan secara psikologis, merasakan dampak ini khususnya yang sedang depresi dan sedih. Sebagai gantinya mereka merasakan kedamaian di dalam diri saat Al Quran dibacakan.

Penelitian ini menggunakan sejumlah peralatan terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, tegang dan lenturnya otot, dan reaksi kulit terhadap aliran gelombang. Dari penelitian ini terlihat hasilnya bahwa 97% kedamaian dalam diri seseorang didapat setelah subjek membaca Quran sebagai terapi penyembuhan.

Membaca Al Quran ini sangat dianjurkan untuk bersuara, paling tidak bisa didengarkan oleh diri sendiri. Itu karena melalui serangkaian penelitian, diketahui bahwa tubuh manusia itu terdiri dari sel-sel yang senantiasa bergerak.

Menurut penelitian yang diadakan oleh dr. Qadhi, membaca Al Quran memunyai banyak manfaat baik bagi yang paham bahasa Arab atau pun tidak. Manfaat ini terlihat dari adanya perubahan secara psikologis.
Sel-sel yang senantiasa bergerak ini pastilah mengalami kerusakan di tingkat tertentu.

Untuk menggantikannya dengan sel-sel baru, maka rangsangan dengan terapi suara bisa menjadi solusi. Dr. Al Qadhi membuktikan bahwa terapi suara dengan membaca Al Quran sambil bersuara bisa mengembalikan keseimbangan sel-sel yang rusak untuk diganti dengan yang baru.

Itulah mengapa membaca Al Quran di pagi hari sebelum memulai beraktivitas sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ibaratnya tubuh ini mendapat asupan energi bergizi dan semangat dari membaca Al Quran dengan bersuara. Sel-sel tubuh terbarui dengan maksimal untuk menjalankan tugasnya seharian itu.

Waktu lain yang sangat afdhol untuk membaca Al Quran dengan bersuara adalah di malam hari. Saat tubuh terasa lelah dan butuh istirahat, maka bacaan Al Quran menjadi pelipur penat untuk memberi suntikan nutrisi bagi sel-sel yang diajak beraktivitas seharian tadi. Selain itu malam hari suasana sekitar juga terasa lebih tenang dan hening dibandingkan dengan hingar-bingarnya siang hari.

Perhatikan tartil bacaan. Rasakan dan resapi setiap huruf yang keluar dari mulut kita. Itu karena membaca Quran tidak sebatas bacaan tanpa makna dan manfaat. Meskipun tidak mengerti artinya tapi hayati dan nikmati setiap ayat yang keluar karena kita sedang membaca surat cintaNya. Insya Allah sel-sel rusak yang berpotensi menjadi penyakit akan luruh dengan bacaan Al Quran ini bahkan tanpa kita menyadarinya. Wallahu alam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel