Puluhan Ribu Buruh Unjuk Rasa , Patung Kuda Akan Jadi Titik Awal Kumpul

Puluhan Ribu Buruh Unjuk Rasa , Patung Kuda Akan Jadi Titik Awal Kumpul

SujaNEWS.com —  Puluhan ribu buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di Istana Merdeka, pada Selasa (1/9/15) yang dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka.
“Tidak ada yang berhenti di Bundaran HI. Serikat pekerja akan langsung ke Patung Kuda,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal di Jakarta, dikutip dari kompas.com, Senin (31/8/15).

Saat di Patung Kuda, massa buruh akan diarahkan parkir di Monumen Nasional. Selain itu, kantong parkir juga akan disediakan di Lapangan IRTI Monas. “Setelah itu, (massa) akan bergerak ke Istana Merdeka,” kata Iqbal.

Menurut Iqbal, penutupan jalan akan dilakukan secara situasional. Penutupan dilakukan saat buruh berjalan dan eskalasi massa terlampau banyak.

“Ruas jalan yang akan ditutup itu situasional. Mulai dari Thamrin, Sudirman, Istana Merdeka, tidak akan ada penutupan jalan selamanya,” ucap Iqbal.

Sementara itu dilansir dari tempo.co, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menuturkan ada 35 ribu buruh yang siap membanjiri Istana Merdeka pada Selasa, 1 September 2015. Dalam aksi ini, massa buruh akan membawa sepuluh tuntutan.

“Ada sepuluh tuntutan dari buruh yang dilatarbelakangi ketidakadilan yang diterima buruh akhir-akhir ini,” kata Said Iqbal, Senin, 31 Agustus 2015.

Adapun sepuluh tuntutan buruh adalah:

1. Turunkan harga bahan bakar minyak dan sembilan bahan makanan pokok
2. Tolak pemutusan hubungan kerja akibat pelemahan rupiah dan perlambatan ekonomi
3. Tolak pekerja asing atau mewajibkan pekerja asing berbahasa Indonesia
4. Perbaiki layanan kesehatan
5. Naikkan upah minimum 22 persen
6. Angkat pekerja kontrak dan outsourcing jadi karyawan tetap dan guru honorer jadi pegawai negeri sipil
7. Revisi peraturan pemerintah jaminan pensiun setara dengan PNS
8. Bubarkan Pengadilan Hubungan Industrial
9. Pidanakan perusahaan pelanggar keselamatan dan kesehatan kerja
10. Sahkan Rancangan Undang-Undang Pembantu Rumah Tangga.
Said Iqbal menjelaskan massa yang datang berasal dari 40 organisasi yang tergabung dalam empat federasi: KSPI, KSBSI, KSPSI, dan KPKPBI. Massa akan berkumpul di patung kuda sekitar pukul 10.00 lalu bergerak ke Istana untuk berorasi. Setelah orasi, sekitar pukul 13.00 massa dibagi dua lalu long march ke Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Kesehatan.   (sbb/dakwatuna/SujaNEWS.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel