Tahukah Anda Mengapa Pertama Berbuka Sebaiknya dengan Air Hangat?

Tahukah Anda Mengapa Pertama Berbuka Sebaiknya dengan Air Hangat
SUJA - Hampir setengah hari berpuasa begitu berbuka menenggak minuman dingin memang terasa betul nikmatnya. Tapi tahukah Anda mengapa terkadang tak cukup segelas?

Ketika minum air dingin apakah itu air putih dingin, es campur maupun minuman dingin berasa lainnya terkadang ingin menambah satu gelas atau satu botol lagi karena rasa haus belum terbayar.

Ini berbeda ketika kita minum minuman yang hangat. Minum baru dua atau tiga kali teguk saja kita sudah merasakan kondisi yang berbeda pada tubuh. Sehingga kita minum cukup bagi tubuh untuk melakukan hidrasi.

"Karena ketika minum minuman dingin, lambung kita perlu waktu untuk memprosesnya, menunggu hingga suhu air menjadi sama dengan suhu tubuh, begitu juga ketika minum air panas," kata ahli gizi dr Saptawati Bardosono M.Sc di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dokter Saptawati menjelaskan, pada waktu berpuasa suhu tubuh kita meningkat atau menjadi agak panas atau hangat. Ini terjadi karena asupan cairan khususnya dari minum memang sangat sedikit. Ini tanda tubuh kita sudah kehilangan cairannya atau dehidrasi.

"Tubuh kita sudah punya referensinya sendiri yaitu bisa langsung menerima minuman yang suhunya sesuai dengan suhu tubuh. Kalau terlalu dingin lambung perlu kerja keras begitu juga kalau panas," beber Saptawati.

Sumber: inilah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel